Ganjar Maulana
Blog Universitas Komputer Indonesia

Aplikasi Android Yang Biasanya Terdapat di Smartphone Mahasiswa

Aplikasi Android Yang Biasanya Terdapat di Smartphone Mahasiswa
Di jaman sekarang ini banyak mahasiswa yang sudah menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi. Namun bukan hanya alat komunikasi saja, smartphone juga sudah digunakan untuk berbagai macam hal yang membantu proses perkualiahan. Nah apa saja sih aplikasi yang biasanya ‘wajib’ terdapat pada smartphone para mahasiswa?
 
Aplikasi Office
 
Ya, ini adalah aplikasi paling wajib yang harus ada. Aplikasi Office ini mencakup aplikasi semacam Word, Excel, hingga Power Point walaupun sebenarnya yang paling banyak digunakan pasti Word. Ya iyalah, aplikasi semacam Power Point itu susah-susah gampang dipakenya di smartphone, apalagi kalau layarnya kecil. Mendingan ke tukang fotokopian aja deh minjem komputernya.
 
Aplikasi Office yang ada di Android sangat bermacam-macam. Ada Microsoft Office Mobile, ada juga Google Drive dan Quick Office yang dua-duanya dibuat Google, ada Open Office, Kingsoft Office, dan lainnya. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Agar lebih jelas, silahkan simak perbandingannya di situs Tech Radar ini.
 
Aplikasi Email
 
Saat ini sudah bukan jamannya lagi mengumpulkan tugas dengan kertas, karena para dosen sekarang lebih suka mahasiswanya untuk mengirim tugas via email. Selain hemat kertas dan tidak berat untuk dibawa kemana-mana, mengirim tugas lewat email juga dapat dilakukan di mana saja karena smartphone saat ini sudah dibekali dengan berbagai aplikasi email client terbaik.
 
Sebut saja aplikasi semacam Gmail dan Yahoo Mail sudah pasti terdapat pada smartphone milik mahasiswa. Selain dua aplikasi populer tersebut, mengirim email juga bisa dilakukan dengan aplikasi email lainnya yang terdapat di Android seperti Aqua Mail, Boomerang, CloudMagic, dan lainnya.
 
Ngomong-ngomong masalah email, teman-teman sudah bisa semua kan bikin akun email sendiri? Jangan salah, waktu saya baru masuk kuliah banyak loh teman-teman saya yang tidak bisa bikin akun email sendiri. Nah biar ga malu-maluin Unikom, teman-teman yang belum bisa bikin email sendiri bisa mengikuti tutorialnya di sini http://carisinyal.com/2014/05/cara-membuat-email-gmail/.
 
Aplikasi Google Search
 
Ada yang mengatakan jika google adalah dosen kedua bagi para mahasiswa. Ya, hal tersebut tidaklah berlebihan karena saat ini hampir semua materi perkualiahan bisa didapatkan di internet. Untuk mendapatkannya, cukup ketik kata kunci di Google Search maka muncullah puluhan hingga ratusan halaman referensi.
 
Ketergantungan mahasiswa terhadap Google Search bahkan dapat mencapai level akut karena tidak sedikit yang mengerjakan tugas dengan melakukan copy paste. Di Android sendiri banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengakses Google Search, di antaranya adalah melalui browser dan aplikasi Google Search alias Google Now.
 
Aplikasi Google Translate
 
Selain Google Search, layanan Google Translate juga menjadi favorit bagi para mahasiswa. Tinggal copy teks sumber, paste di google Translate, dan JREEENG hasilnya langsung ada. Walaupun kebanyakan terjemahannya berantakkan, namun cukup lumayan ketimbang harus merogoh kocek mahal buat membayar jasa terjemahan di sepanjang Unpad sana.
 
Buat mahasiswa jurusan lain mungkin tidak terlalu penting aplikasi Google Translate ini, namun buat mahasiswa Sastra Inggris seperti saya, tentu ini adalah aplikasi yang masuk kategori wajib alias fardhu. Tapi tentu saja kita tidak akan menerjemahkan teks secara langsung ke aplikasi ini karena hasilnya pasti acak-acakan.
 
Aplikasi Sosial Media
 
Yang bener sosial media apa media sosial sih? Ah entahlah. Yang jelas sosial media juga menjadi aplikasi wajib bagi para mahasiswa selain buat ‘bersilaturahmi’, sosial media semacam Facebook ataupun Twitter juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi perkuliahan. Selain itu grup-grup di Facebook juga sering dijadikan ajng diskusi atau jual beli bagi para mahasiswa.
 
Saat ini terdapat banyak aplikasi Twitter client untuk smartphone Android, seperti Twitter for Android, Tweetcaster, Plume, Ubersocial, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat daftar aplikasinya di sini
 
Sedangkan untuk Facebook biasanya orang-orang hanya menggunakan aplikasi resmi atau membukanya langsung lewat browser walaupun terdapat aplikasi client semacam Friendcaster. Buat teman-teman yang belum memiliki akun Facebook, silahkan ikuti tutorial mendaftarnya di sini http://carisinyal.com/2014/05/cara-membuat-akun-facebook/.   
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 27 Mei 14 - 20:06 WIB
Dalam Kategori : ANDROID, APLIKASI, EMAIL, FACEBOOK, TWITTER, GOOGLE
Dibaca sebanyak : 1817 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback